Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy

Sebagai pengguna perangkat Samsung Galaxy, terkadang pengguna selalu ingin mencari cara yang lebih mudah dan lebih baik untuk mengambil screenshot. Setelah melakukan penelitian cepat, kami mengetahui bahwa mengambil screenshot layar tidaklah sulit, bahkan kami telah berhasil menemukan metode yang layak. Itulah alasan kami memutuskan untuk menulis tutorial singkat ini, untuk membantu Anda mencari hal yang sama. Kami berharap panduan ini bisa berguna untuk Anda.

Cara Mengambil screenshot Layar di Samsung Galaxy 

Di bawah ini, Anda akan membaca tentang langkah-langkah yang tepat untuk mengambil screenshot layar di Samsung Galaxy, disertai dengan cara mengambil "Scroll Capture", juga dikenal dengan screenshot bergulir. Jadi tanpa berlama-lama, mari kita mulai.

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Untuk screenshot di Samsung Galaxy dengan tombol fisik, Anda harus menekan tombol "Daya" dan "Volume turun" secara bersamaan. Anda akan menemukan tombol Power di sisi kanan atas dan tombol Volume turun di sisi kiri atas.

Biasanya, metode kombinasi tombol ini bekerja pada semua perangkat Samsung Galaxy terbaru seperti Galaxy S9, sementara di perangkat di bawahnya yang lebih lama, prosesnya sedikit berbeda.

Untuk model lama seperti Galaxy S6, ada tombol home fisik yang tersedia di bagian bawah layar. Untuk mengambil screenshot layar, Anda harus menekan "Tombol Daya" dan "Tombol Home/Beranda" secara bersamaan.

2. Menggunakan Scroll Capture

Setiap kali Anda mengambil screenshot layar di ponsel Anda, opsi yang disebut "Scroll Capture" muncul, terlihat di sisi kiri bawah.

Mengetuk opsi ini memungkinkan Anda mengambil screenshot layar dari seluruh halaman. Misalnya, jika Anda ingin menangkap seluruh halaman situs, ketuk pada opsi Scroll Capture. Ini secara otomatis akan menggulir ke bawah untuk memindai halaman dan menyajikan Anda dengan screenshot dari seluruh halaman.

3. Menggunakan Fitur Palm Swipe

Samsung Galaxy hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan gesekan tangan. Fitur ajaib ini dinonaktifkan dengan pengaturan default sehingga sebelum Anda mulai mengambil screenshot menggunakan Palm Swipe, Anda harus mengaktifkannya. Begini cara Anda mengaktifkan fitur Palm Swipe:
  • Buka Pengaturan -> Fitur Lanjutan.
  • Di sini Anda akan menemukan opsi "Palm swipe to capture." Hidupkan fitur ini.
  • Temukan sesuatu yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Selanjutnya, letakkan tangan Anda di tepi perangkat Samsung Galaxy Anda dan geser ke seberang. Jika Anda telah melakukannya dengan benar, Anda akan mendengar suara rana kamera.
Selain itu, ada cara lain untuk mengambil screenshot di Hp Samsung Galaxy.

Menggunakan Bixby

Bixby Voice adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Samsung dan sudah terpasang di semua perangkat Galaxy. Untungnya, pengguna dapat mengambil screenshot hanya dengan menanyakan Bixby. Inilah yang perlu Anda lakukan:

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy

  • Pilih tampilan layar yang ingin diambil screenshot.
  • Selanjutnya, Tekan dan Tahan ikon Bixby.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mengatakan Hey Bixby, jika Anda sudah mengonfigurasinya.
  • Setelah Bixby diaktifkan, dan Anda berada di layar layar, minta Bixby untuk mengambil screenshot layar. Misalnya, Anda dapat mengatakan "take a screenshot."
  • Bixby akan langsung mengambil screenshot layar Anda saat ini.
Perangkat Samsung Galaxy apa yang Anda gunakan? Dari metode yang dibahas di atas mana yang Anda anggap berguna? Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot layar di Samsung Galaxy? Beri tahu kami di komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy"