Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Partisi Hard Disk di Windows 7, 8 dan 10

Beberapa produsen mengirimkan PC dengan drive internal mereka yang dibagi menjadi beberapa partisi satu untuk sistem operasi Windows, dan partisi "data" kosong untuk file pribadi. Anda dapat menggabungkan partisi ini menjadi satu, jika Anda mau.

Trik ini juga dapat digunakan untuk menghapus partisi recovery, membebaskan ruang yang biasanya digunakan untuk data pemulihan. Atau, jika Anda mengatur PC dengan beberapa partisi, Anda dapat membatalkan semua itu.

Cara Menggabungkan Partisi Hard Disk di Windows 7, 8 dan 10

Mengapa Beberapa PC Dikirim Dengan Beberapa Partisi?

Beberapa produsen PC tampaknya berpikir bahwa mengabdikan satu partisi ke sistem operasi dan yang lain ke data akan memberikan pemisahan yang bersih dari keduanya, memungkinkan Anda untuk menghapus sistem operasi Anda dan memasangnya kembali sambil menyimpan data Anda di area yang terpisah.

Ini mungkin nyaman bagi sebagian orang, tetapi seringkali tidak perlu. Fitur "Reset PC" dari Windows 10 akan mereset Windows ke pengaturan default tanpa menghapus data pribadi Anda, meskipun keduanya berada di partisi yang sama. Ini membagi ruang pada hard drive Anda menjadi dua bagian, dan Anda dapat mengisi salah satu partisi dan tidak memiliki ruang untuk program pada partisi sistem Anda atau file data pada partisi data Anda setelah Anda melakukannya.

Daripada hidup dengan pengaturan drive yang dipilih pabrik Anda, Anda dapat mengubahnya sendiri. Cepat, mudah, dan cukup aman. Anda dapat melakukan semuanya dari dalam Windows juga.

Perhatikan bahwa beberapa PC sebenarnya memiliki banyak hard drive di dalamnya. Jika ya, Anda biasanya tidak dapat menggabungkan beberapa drive ini ke dalam satu partisi tanpa beberapa trik lanjutan.

Hapus Satu Partisi dan Menggabungkan Kapasitas Menjadi Satu Partisi

Kami akan memulai terlebih dahulu dengan menghapus salah satu partisi. Jika Anda memiliki PC baru dengan satu partisi yang berisi file sistem Anda dan partisi kosong berlabel "DATA" atau yang serupa, kami akan menghapus partisi kosong.

Jika Anda sudah memiliki file data pada partisi itu, Anda harus memindahkannya dari partisi data yang akan Anda hapus ke partisi sistem yang ingin Anda simpan. Jika tidak ada ruang, Anda dapat memindahkan file ke hard drive eksternal atau USB flash drive untuk sementara. Hapus file-file itu dari partisi karena akan hilang ketika Anda menghapus partisi.

Saat Anda siap, buka Disk Management utility. Pada Windows 10 atau 8.1, klik kanan tombol Start dan pilih "Disk Management." Pada Windows 7, tekan Windows Key + R, ketik "diskmgmt.msc" ke dalam dialog Run, dan tekan Enter.

Temukan dua partisi yang ingin Anda gabungkan. Pada contoh di bawah ini, kita akan menggabungkan partisi OS (C :) dengan partisi DATA (D :).

Kedua partisi ini harus berada di drive yang sama. Jika mereka berada di drive yang berbeda, ini tidak akan berfungsi. Mereka juga harus berdekatan satu sama lain di drive, atau Anda perlu melakukan sedikit lebih banyak pekerjaan.

Hapus partisi kedua dengan mengklik kanan dan memilih "Delete Volume". Ingat: Anda akan kehilangan semua file di partisi saat Anda melakukan ini!

Selanjutnya, klik kanan partisi yang tersisa yang ingin Anda perbesar dan klik opsi "Extend Volume".

Klik melalui wizard dan terima opsi default untuk memperbesar partisi ke jumlah maksimum ruang yang tersedia. Ini akan meluas ke ruang kosong yang tersisa setelah partisi yang berdekatan dihapus.

Sesederhana itu cara menggabungkan partisi hardisk, dan perubahannya akan instan dan terjadi tanpa reboot. Partisi kedua hilang, dan partisi pertama sekarang berisi semua ruang penyimpanan yang sebelumnya dialokasikan ke partisi yang kedua.

Anda tidak dapat membuat partisi yang meluas di beberapa drive. Namun, fitur Storage Spaces yang ditambahkan pada Windows 8 akan memungkinkan Anda menggabungkan beberapa hard drive fisik ke dalam satu logical drive.

Itulah cara menggabungkan partisi hardisk di Windows 7, Windows 8 dan di Windows 10, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan bisa melalui kotak komentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menggabungkan Partisi Hard Disk di Windows 7, 8 dan 10"